Rahendra, Kadek Dwi Dharmapatni (2022) Analyzing Reading-Related Activities in English Textbook for Grade 7 in SMP Negeri 1 Tegallalang and How the Texts are Exploited in the Classroom. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021078-COVER.pdf Download (884kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021078-ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021078-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021078-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021078-LAMPIRAN.pdf Download (654kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis 1) kegiatan terkait membaca yang terdapat dalam buku teks Bahasa Inggris yang berjudul “Pintar Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Semester 1” edisi revisi yang ditulis oleh Bethi Ristiana dan diterbitkan oleh Graha Printama Selaras, yang digunakan untuk siswa kelas 7 di SMP Negeri 1 Tegallalang dan 2) mendeskripsikan bagaimana teks dieksploitasi oleh guru di dalam kelas. Subyek penelitian ini adalah buku Bahasa Inggris yang digunakan oleh siswa dan guru Bahasa Inggris. Deskriptif kualitatif digunakan sebagai metodologi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen, observasi kelas, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa buku teks yang berjudul “Pintar Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Semester 1” mengandung 8 dari 12 komponen kegiatan terkait membaca. Kegiatan yang tersedia dalam buku ini adalah kegiatan skimming/scanning, reference, lexical item, activating, inferring, questioning, searching-selecting, dan summarizing. Eksploitasi teks yang paling sering dilakukan guru di dalam kelas adalah kegiatan jawaban singkat (short-answer). Berdasarkan hasil tersebut, disarankan bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dan guru Bahasa Inggris untuk menggunakan informasi dan teori yang berkaitan dengan kegiatan terkait membaca dan eksploitasinya untuk menjadi acuan dalam melakukan proses belajar-mengajar. Selanjutnya, karena keterbatasan waktu observasi, disarankan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian dan pengamatan lebih lanjut terkait eksploitasi teks kegiatan membaca untuk mengetahui keefektifan eksploitasi yang dilakukan oleh guru. Selain itu, untuk pengembang pembelajaran membaca dalam bahasa Inggris juga disarankan untuk mengembangkan buku yang dibuat dengan menambahkan lebih banyak kegiatan yang berhubungan dengan membaca berdasarkan teori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Terkait Membaca, Eksploitasi Teks, Keterampilan Membaca |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Dwi Dharmapatni Rahendra |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 00:40 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 00:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11943 |
Actions (login required)
View Item |