Arjani, Ni Kadek Nadilia (2022) PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE KEJARCITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL KELAS VII A DI SMP NEGERI 5 ABANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011049-COVER.pdf Download (631kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011049-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011049-LAMPIRAN.pdf Download (879kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran cerita fabel dengan menggunakan media video youtube Kejarcita, (2) hasil belajar peserta didik dalam penggunaan media video youtube Kejarcita pada pembelajaran cerita fabel di SMP N 5 Abang, dan mendeskripsikan (3) respon siswa terhadap penggunaan video youtube Kejarcita dalam pembelajaran cerita fable. Data dianalisis secara kualitatif serta kuantitatif. Subjek penelitian ini yakni guru bahasa Indonesia serta peserta didik kelas VII A SMP N 5 Abang. Objek penelitian ini yakniPenggunaan Media Video Youtube Kejarcita guna Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fabel. Metode pengumpulan datanya yakni metode observasi, tes serta wawancara. Hasil penelitian ini diantaranya:(1) Terdapat 13 langkah-langkah yang ditempuh dalam penggunaan media video youtube Kejarcita guna meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita fable, (2) Penggunaan media youtube kejarcita mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menceritakan kembali isi cerita fabel. Skor rata-rata siswa setelah tindakan pada siklus I yakni 68,61 serta skor rata-rata peserta didik pada siklus II yakni 78,75 (tinggi). Persentase peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II yakni10,14. Pada penelitian ini, tindakan pada siklus II merupakan tindakan terbaik untuk mencapai nilai rata- rata dengan kategori tinggi,(3) respon peserta didik kelas VII A dan guru SMP N 5 Abang terhadap penggunaan media youtube Kejarcita guna meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PTK, Youtube Kejarcita, Fabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Nadilia Arjani |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:19 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11962 |
Actions (login required)
View Item |