Dyah Padmadewi, Anak Agung Ayu (2022) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA JEPANG KELAS XII DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712061031-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712061031-ABSTRAK.pdf Download (681kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712061031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (494kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712061031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712061031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712061031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712061031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712061031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712061031-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis butir soal Ujian Sekolah bahasa Jepang kelas XII di SMA Negeri 2 Singaraja dengan aspek validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Subjek pada penelitian ini adalah butir soal pilihan ganda Ujian Sekolah bahasa Jepang Kelas XII Tahun ajaran 2020/2021 di SMAN 2 Singaraja. Dikumpulkan dengan metode dokumentasi,”kemudian dilanjutkan dengan analisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif.“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Validitas soal ujian sekolah memiliki sebanyak 19 soal (76%) dalam predikat baik, dan sisanya, yaitu 6 butir soal (24%) dalam predikat tidak baik. Reliabilitas keseluruhan soal pilihan ganda dinyatakan sebesar 0.751 dengan kata lain reliabilitas soal ujian sekolah tersebut dapat dikatakan tinggi. Berdasarkan Taraf kesukaran, terdapat 13 soal kategori mudah dan 12 soal kategori sedang. Berdasarkan daya pembeda terdapat 7 butir soal dengan kategori baik, 5 butir soal dengan kategori cukup dan 13 soal dengan kategori jelek. Berdasarkan efektivitas pengecoh, terdapat 3 butir soal yang seluruh pengecohnya efektif, terdapat 4 butir soal yang memiliki 1 pengecoh tidak efektif dan 7 soal yang mempunyai 2 pengecoh tidak efektif. Selanjutnya, 6 butir soal memiliki 3 pengecoh yang tidak efektif. Sisanya, yakni 5 butir soal, mempunyai 4 alternatif jawaban yang tidak efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis butir soal, ujian sekolah, SMA Negeri 2 Singaraja |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | ANAK AGUNG AYU DYAH PADMADEWI |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:42 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 01:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12027 |
Actions (login required)
View Item |