KESULITAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DASAR I SECARA DARING PADA MASA PANDEMIK COVID 19

Fahmi, Muhammad (2022) KESULITAN BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DASAR I SECARA DARING PADA MASA PANDEMIK COVID 19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513031049-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513031049-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513031049-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) tingkat kesulitan belajar mahasiswa dalam pembelajaran secara daring, dan (2) faktor penyebab kesulitan belajar mahasiswa dalam pembelajaran secara daring dalam mempelajari materi kuliah Kimia Dasar I semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah 19 orang mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Kimia Undiksha dan dua orang dosen pengajar matakuliah Kimia Dasar I. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dilakukan dengan cara studi dokumen, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat kesulitan belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran kimia dasar 1 secara daring tergolong sedikit sulit dengan persentase 53%, tergolong cukup sulit dengan persentase 37%, dan yang tergolong sulit dengan persentase 5%, dan (2) faktor internal penyebab kesulitan belajar secara daring meliputi intelegensi yang ditinjau dari pemahaman materi pembelajaran Kimia Dasar I pada tingkat sub-mikroskopik dan kemampuan mengingat yang rendah, minat yang ditinjau dari keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran daring sangat kurang, motivasi belajar dan bakat mahasiswa yang tergolong masih rendah dalam pelaksanaan pembelajaran daring. (3) Faktor ekternal penyebab kesulitan belajar secara daring meliputi kondisi rumah yang kurang nyaman, keterbatasan komunikasi yang kurang intens sehingga menghambat saat proses perkuliahan, dan kendala teknis seperti akses jaringan internet, koneksi yang tidak stabil, dan hambatan keterbatasan dalam penggunaan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kimia, kesulitan belajar, pembelajaran daring, faktor penyebab.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: MUHAMMAD FAHMI
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:01
Last Modified: 21 Jul 2022 06:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12034

Actions (login required)

View Item View Item