AN ANALYSIS OF STUDENTS’ LEARNING APPROACH IN THE EFL ONLINE LEARNING CONTEXT OF SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Ningsih, Alit Tri Santika (2022) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ LEARNING APPROACH IN THE EFL ONLINE LEARNING CONTEXT OF SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021076-COVER.pdf

Download (495kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021076-ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021076-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021076-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021076-LAMPIRAN.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan pembelajaran yang digunakan siswa kelas VIII dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris selama pembelajaran online di SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dan kuantitatif atau disebut juga dengan penelitian metode campuran. Subjek penelitian ini adalah 168 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja dan objek penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang diterapkan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja selama pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu Kuesioner Revisi Proses Studi Dua Faktor, dan pedoman wawancara semi terstruktur untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini berfungsi sebagai panduan yang berguna bagi guru untuk menyesuaikan metode pembelajaran mereka dengan pendekatan belajar siswa dan membantu siswa dalam lebih memahami pendekatan mereka dengan menyesuaikan lingkungan belajar untuk mengarahkan siswa untuk mengadopsi pendekatan yang mendalam. Kuesioner R-SPQ-2F reliabel (=.85) dan valid dengan 17 item yang digunakan, sesuai dengan uji reliabilitas dan validitas instrumen. Panduan wawancara yang digunakan reliabel dan valid. Data survei dan wawancara dianalisis menggunakan analisis skor rata-rata R-SPQ-2F dan analisis model interaktif. Hasil survei mengungkapkan bahwa siswa lebih cenderung menggunakan pendekatan mendalam untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam konteks pembelajaran online. Temuan wawancara mengungkapkan informasi penting tentang bagaimana faktor pendukung dan penghambat mempengaruhi pendekatan pembelajaran mendalam siswa. Siswa memiliki inisiatif untuk menerapkan pembelajaran mandiri dan memiliki motivasi dalam belajar dalam konteks pembelajaran online adalah dua aspek yang berperan dalam mendukung pendekatan pembelajaran mendalam siswa. Sedangkan faktor penghambat pendekatan mendalam siswa berasal dari perilaku siswa dan faktor eksternal. Temuan menarik dari kedua data tersebut menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran siswa bersifat dinamis yang disesuaikan dengan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi siswa selama proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan belajar siswa dapat berubah dari pendekatan mendalam ke pendekatan permukaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendekatan belajar siswa, pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing, pembelajaran online, siswa sekolah menengah pertama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Alit Tri Santika Ningsih
Date Deposited: 21 Jul 2022 21:00
Last Modified: 21 Jul 2022 21:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12124

Actions (login required)

View Item View Item