Meliani, Ni Luh Desi (2022) The Effectiveness of Direct Corrective Feedback on The Seventh Grade Students’ Writing Skills at SMP Negeri 3 Selat. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021038-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021038-ABSTRAK.pdf Download (486kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (427kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021038-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (520kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021038-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa yang belajar bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud untuk menguji keefektifan pemberian Direct Corrective Feedback terhadap keterampilan menulis siswa kelas tujuh di SMP Negeri 3 Selat tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimental posttest-only control group desain dengan cluster sampling yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Hasilnya, 32 siswa dari kelas 7C ditetapkan ke dalam kelompok eksperimen dan 32 siswa dari kelas 7B ditetapkan ke dalam kelompok kontrol. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui post-test berupa tes kinerja menulis. Data yang diperoleh dianalisis melalui analisis deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen (Me = 94.41) lebih tinggi daripada nilai rata-rata siswa pada kelompok kontrol (Mc = 83.28). Selain itu, pengujian hipotesis melalui independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja menulis siswa yang diajar dengan menggunakan Direct Corrective Feedback daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan Direct Corrective Feedback karena nilai signifikan (0.000) lebih rendah dari tingkat alpha standar (P <0.05) dengan ukuran efek yang besar (d=1.1 atau 79%). Kesimpulannya, Direct Corrective Feedback adalah jenis umpan balik yang efektif yang membantu siswa kelas tujuh tampil lebih baik dalam keterampilan menulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis. direct corrective feedback. teks deskriptif. sekolah menengah pertama. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Desi Meliani |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:04 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12136 |
Actions (login required)
View Item |