Dharmapatni, I Gusti Ayu Santhi (2022) THE IMPLEMENTATION OF POWTOON MEDIA BASED LEARNING FOR THIRD GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021106-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021106-ABSTRAK.pdf Download (444kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021106-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (375kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021106-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021106-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021106-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021106-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021106-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021106-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari PowToon sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa dan tanggapan siswa terhadap penerapan PowToon. Desain penelitian dari penelitian ini adalah metode campuran sekuensial eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah 43 siswa kelas III SD Laboratorium Undiksha. Sampel penelitian dipilih dan menjadi Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol. Kelompok Eksperimen diberi perlakuan menggunakan PowToon dan Kelompok Kontrol diajarkan menggunakan PowerPoint. Data dikumpulkan melalui post-test yang dianalisis menggunakan SPSS 25 melalui analisis inferensial dan deskriprif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kedua kelompok, dimana kelompok eksperimen menampilkan hasil yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Rata-rata skor yang diperoleh dari kelompok eksperimen adalah 93,80 sedangkan skor rata-rata yang didapat dari kelompok kontrol adalah 83,80. Analisis ini diperkuat dengan hasil angket dan panduan wawancara dari siswa yang diajar menggunakan PowToon yang lebih termotivasi dalam belajar bahasa Inggris karena video PowToon yang mudah dipahami. Video PowToon juga berisi animasi dan kuis yang menarik sehingga siswa merasa senang ketika mereka dapat belajar dan bermain pada saat yang bersamaan. Hal ini menunjukkan bahwa PowToon efektif karena hasil dari tes ukuran efek berada pada level sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PowToon, prestasi siswa, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Santhi Dharmapatni |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:07 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12137 |
Actions (login required)
View Item |