Geria, Anak Agung Gede Jagadhita Ari (2022) English Teachers' Adaptation to Flexible Learning Environment in SMPN 1 Blahbatuh. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021156-COVER.pdf Download (831kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021156-ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021156-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021156-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
1812021156-BAB 3 METODELOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021156-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021156-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021156-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021156-LAMPIRAN.pdf Download (913kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi guru bahasa Inggris terhadap lingkungan belajar yang fleksibel di SMPN 1 Blahbatuh. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah enam guru bahasa Inggris SMPN 1 Blahbatuh. Instrumen penelitian berupa daftar periksa observasi dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis model interaktif oleh Miles et al. (2014). Terdiri dari empat bagian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu adaptasi, tantangan, dan solusi. Adaptasi juga dibagi menjadi dua macam yaitu adaptasi instruksional dan teknis. Adaptasi instruksional menunjukkan bagaimana guru beradaptasi dengan lingkungan belajar yang fleksibel dalam situasi pandemi. Adaptasi teknis menunjukkan hal-hal apa saja yang diadaptasi dalam lingkungan belajar yang fleksibel selama situasi pandemi. Artinya ada adaptasi yang dilakukan guru bahasa Inggris di SMPN 1 Blahbatuh sebelum dan selama pandemi dari full offline menjadi full online, kemudian dari full online menjadi hybrid learning dengan protokol kesehatan, yang dilihat dari RPP, proses pembelajaran dan evaluasi. Hal ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris di SMPN 1 Blahbatuh telah melakukan adaptasi yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan pembelajaran hybrid. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar dapat menambah wawasan dan menambah referensi bagi guru dan siswa serta peneliti selanjutnya. Kata-kata kunci: Guru Bahasa Inggris, Pembelajaran Fleksibel, Adaptasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Bahasa Inggris, Pembelajaran Fleksibel, Adaptasi, |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Gede Jagadhita Ari Geria |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 14:55 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 14:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12147 |
Actions (login required)
View Item |