Murniasih, Luh Putu Elita (2022) AN ANALYSIS OF SPEECH ACTS IN THE STUDENTS’ ENGLISH TEXTBOOK FOR SENIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012027002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012027002-ABSTRAK.pdf Download (483kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012027002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012027002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012027002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012027002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012027002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012027002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012027002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis tindak tutur yang terdapat dalam buku teks bahasa Inggris kelas sepuluh, dan (2) menganalisis struktur tindak tutur dalam buku teks bahasa Inggris kelas sepuluh. Buku tersebut diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penelitian ini dideskripsikan dalam penelitian analisis isi kualitatif. Data dikumpulkan dari instruksi dan dialog di buku teks bahasa Inggris kelas sepuluh. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data karena pertanyaan penelitiannya adalah untuk menganalisis jenis-jenis tindak tutur dan struktur tindak tutur yang digunakan dalam buku teks bahasa Inggris kelas sepuluh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen kunci dan lembar observasi. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, kondensasi, display, dan concluding. Hasil penelitian ini adalah (1) tindak tutur yang digunakan dalam buku teks bahasa Inggris kelas sepuluh adalah direktif (68,23%), asertif (16,27%), ekspresif (13,92%), dan komisif (0,79%), dan (2) struktur tindak tutur tersebut adalah 491 tindak tutur langsung dan 19 tindak tutur tidak langsung. Penyebaran tindak tutur tidak merata dalam buku teks. Sedangkan kelima tindak tutur tersebut penting bagi kompetensi komunikasi siswa. Buku ajar masa depan harus menerapkan semua jenis tindak tutur ke dalam buku teks untuk membuat siswa terpapar semua jenis tindak tutur, serta mempraktekkan tindak tutur di kelas, dan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dialog, Instruksi, Tindak Tutur, Kelas 10, Buku Paket |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Elita Murniasih |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:04 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12287 |
Actions (login required)
View Item |