Ciska, Ni Komang (2022) EVALUASI PELAKSANAAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 5 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011055-COVER.pdf Download (439kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011055-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1813011055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011055-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan e-learning pada pembelajaran matematika ditinjau dari variabel Context, Input, Process dan Product (CIPP), mengetahui kendala yang dialami, serta menawarkan solusi yang relevan. Evaluasi ini terbatas pada pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning selama COVID-19. Sampel yang digunakan adalah 6 guru matematika dan 284 siswa yang diajar guru tersebut. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan skor T dan dikonversikan ke dalam kuadran Glickman. Berdasarkan prototipe kuadran Glickman, pelaksanaan e-learning pada pembelajaran matematika berdasarkan penilaian guru berada pada kuadran kedua yakni pada kriteria efektif dan berdasarkan penilaian siswa berada pada kuadran ketiga yakni pada kriteria kurang efektif. Adapun kendala yang dihadapi, yaitu: terbatasnya waktu guru, kurangnya kemandirian siswa, kurangnya kejujuran siswa, kurangnya pemahaman siswa, kurangnya konsentrasi siswa, minimnya fasilitas dan koneksi internet. Solusinya yaitu guru harus mampu menyederhanakan penjelasan materi, pemberian motivasi, guru membuat pembelajaran menjadi menarik, menggunakan fasilitas di sekolah, dan pemberian reward. Kata Kunci: evaluasi, pembelajaran matematika, e-learning, model CIPP
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, pembelajaran matematika, e-learning, model CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ciska |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 06:56 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 06:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12297 |
Actions (login required)
View Item |