Audina, Ira Putri (2022) The Use of YouTube Videos in Listening Classes: The Choice, Implementation, and Students' Perceptions. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029081019-COVER.pdf Download (628kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029081019-ABSTRAK.pdf Download (364kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (526kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029081019-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bagaimana dosen memilih video youtube untuk mengajarkan keterampilan menyimak selama pembelajaran online, 2) penerapan video youtube selama pembelajaran online di kelas menyimak, dan 3) persepsi mahasiswa terhadap penerapan video youtube dalam pembelajaran menyimak. kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket. Subyek penelitian ini adalah dosen listening di Universitas Mahasaraswati Denpasar dan 32 mahasiswa kelas 4A. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif model interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Penelitian ini mengungkapkan; 1) Tiga langkah dalam memilih video YouTube untuk mengajarkan keterampilan menyimak, yaitu menyesuaikan video dengan tujuan pembelajaran, konten pembelajaran, dan situasi pembelajaran. Temuan tersebut juga menunjukkan enam aspek video saat memilih video YouTube, yaitu audio, visual, konten, konsep, penggunaan bahasa, dan durasi. 2) Temuan juga menunjukkan bahwa berbagai kegiatan dapat dikembangkan dan diterapkan dalam mengimplementasikan video YouTube di kelas mendengarkan selama pembelajaran online. 3) Temuan ini juga mengungkapkan persepsi positif dan negatif siswa tentang penerapan video YouTube di kelas mendengarkan selama pembelajaran online. Berdasarkan temuan, persepsi meliputi (a) Meningkatkan keterampilan menyimak siswa, (b) Meningkatkan minat, motivasi, dan partisipasi siswa, (c) Membangun daya pikir kritis siswa, dan (d) Mengasah kreativitas siswa, (e) Koneksi Tidak Stabil, dan (f) Pulsa Internet Mahal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa beberapa langkah dan aspek perlu diperhatikan dalam memilih video. Dalam penerapan video YouTube terdapat berbagai kegiatan yang dapat dibangun. Di sisi lain, penerapan video YouTube menunjukkan persepsi siswa yang mengacu pada kelebihan dan tantangan video YouTube.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : implementasi, pilihan dosen, keterampilan menyimak, persepsi mahasiswa, YouTube |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ira Putri Audina |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 06:06 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 06:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12298 |
Actions (login required)
View Item |