Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Siswa

Sari, Ni Luh Gede Esti Purnama (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2023071002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2023071002-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2023071002-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan efikasi diri rendah, dan (3) pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one way pretest-posttest non-quivalent control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Mengwi tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 11 kelas dengan sampel penelitian yang digunakan 6 kelas. Instrumen penelitian berupa angket efikasi diri dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh nilai efikasi diri dan tes hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Data dianalisis berdasarkan analisis deskriptif dan ANAKOVA dua jalur. Tindak lanjut ANAKOVA dua jalur, digunakan Least Significant Diffeerence (LSD) untuk menguji komparasi nilai rata-rata kelompok perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf signifikansi 5%, sebelum uji hipotesis dilakukan uji asumsi (normalitas, homogenitas, dan linearitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki efikasi diri tinggi dan efikasi diri rendah, dan (3) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa. Kata-kata kunci: efikasi diri, hasil belajar, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, hasil belajar, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Luh Gede Esti Purnama Sari
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:36
Last Modified: 22 Jul 2022 04:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item