Rusmulyani, Ketut (2022) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT III BERBASIS MODEL CSEUCLA DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PROVINSI BALI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1939011026-COVER.pdf Download (581kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1939011026-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1939011026-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (529kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1939011026-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1939011026-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939011026-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1939011026-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1939011026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1939011026-LAMPIRAN.pdf Download (362kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pelatihan kepemimpinan tingkat III pada lembaga pengembangan sumber daya manusia. Proses evaluasi menggunakan model CSE-UCLA, terbagi menjadi komponen penilaian sistem, perencanaan program, pelaksanaan program, peningkatan program, dan sertifikasi program. Penelitian ini melibatkan 100 responden dari BPSDM Provinsi Bali, yaitu pimpinan lembaga, kepala bidang dan kepala sub bidang, pengajar/widyaiswara, panitia, atasan alumni/mentor, dan peserta diklat kepemimpinan. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan diverifikasi dengan kuadran Glickman, sedangkan kendala yang ditemukan dalam evaluasi menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas ditinjau dari komponen penilaian sistem termasuk kriteria baik dengan persentase 82,4%, komponen perencanaan program termasuk kriteria baik (86,4%), komponen pelaksanaan program termasuk kriteria baik (82,8%), perbaikan komponen program meliputi kriteria baik (83,2%). Terakhir, komponen program sertifikasi termasuk kriteria baik (83%). Pelaksanaan program Diklat Kepemimpinan ini merupakan strategi dalam mengembangkan kompetensi ASN, baik kompetensi manajerial, kompetensi teknis, maupun kompetensi sosial kultural, untuk mewujudkan birokrasi kelas dunia pada tahun 2025 melalui pembelajaran mandiri dan pembelajaran melalui pembinaan dan pendampingan. Kata Kunci: Diklat Kepemimpinan,CSE-UCLA, Evaluasi Program Diklat, Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diklat Kepemimpinan,CSE-UCLA, Evaluasi Program Diklat, Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | KETUT RUSMULYANI |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:02 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12684 |
Actions (login required)
View Item |