Supriana, I Kadek (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Tampaksiring. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029042018-COVER.pdf Download (833kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029042018-ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029042018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (465kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029042018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029042018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029042018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029042018-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus I Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, yang terdiri dari 174 orang siswa. Sebanyak orang 62 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova berbantuan program IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus I Tampaksiring. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus I Tampaksiring. Ketiga, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus I Tampaksiring. Keempat, berdasarkan uji LSD dengan taraf signifikan 5% terdapat perbedaan yang signifikan lebih besar rata-rata kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, yaitu dengan perbedaan rata-rata sebesar 12,03 pada kemampuan berpikir kritis siswa dan 18,24 pada hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, berpikir kritis, hasil belajar IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Kadek Supriana |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 23:17 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 23:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12709 |
Actions (login required)
View Item |