PENGARUH MODEL SELF-REGULATED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA

Narawidia, I Nyoman (2022) PENGARUH MODEL SELF-REGULATED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1829071008-COVER.pdf

Download (447kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829071008-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829071008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829071008-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Self-Regulated Learning (SRL) berbantuan multimedia terhadap motivasi dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Desain penelitian ini adalah non equivalent pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang dibagi menjadi tiga dimensi, yaitu model pembelajaran SRL berbantuan multimedia, model pembelajaran SRL, dan model pembelajaran direct instruction. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 316 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang yang diambil dengan metode cluster random sampling. Data dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes berbentuk uraian. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa secara bersama-sama antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SRL berbantuan multimedia, model SRL, dan model direct instruction, (2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran SRL berbantuan multimedia, model SRL, dan model direct instruction, (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran SRL berbantuan multimedia, model SRL, dan model direct instruction. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan model pembelajaran SRL berbantuan multimedia berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: SRL, Direct Instruction, Multimedia, Motivasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I Nyoman Narawidia
Date Deposited: 14 Oct 2022 04:17
Last Modified: 14 Oct 2022 04:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12724

Actions (login required)

View Item View Item