Kristhin, Nyoman Santhi (2022) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK KOMUNIKASI MELALUI TELEPON PADA SISWA X PERHOTELAN 4 DI SMKN 1 TEJAKULA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015017005_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015017005_ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2015017005_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2015017005_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2015017005_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2015017005_BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2015017005_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015017005_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015017005_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta mendeskripsikan respon siswa di kelas X Perhotelan 4 SMK Negeri 1 Tejakula melalui penerapan metode pembelajaran Role Playing pada materi Teknik Komunikasi Melalui Telepon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang tahapan langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Perhotelan 4 SMK Negeri 1 Tejakula yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta respon siswa tergolong pada kriteria positif pada materi Teknik Komunikasi Melalui Telepon untuk siswa kelas X Perhotelan 4 di SMK Negeri 1 Tejakula. Dilihat dari hasil persentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 82,86% dari 11,43% menjadi 94, 29%. Dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa baik pada aspek psikomotor dan aspek kognitif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 48,57% dari 51,43% menjadi 100%. Selanjutnya dilihat dari persentase respon siswa sebesar 100% respon siswa positif terhadap penggunaan metode pembelajaran role playing. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta respon siswa adalah positif pada materi Teknik Komunikasi Melalui Telepon siswa kelas X Perhotelan 4 semester genap SMK Negeri 1 Tejakula Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: role playing, aktivitas dan hasil belajar, teknik komunikasi melalui telepon
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | role playing, aktivitas dan hasil belajar, teknik komunikasi melalui telepon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | NYOMAN SANTHI KRISTHIN |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 03:46 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 03:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12843 |
Actions (login required)
View Item |