Suantara, I Gede Agus (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL BERBASIS TRI HITA KARANA PADA MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP KELAS IV SD N 5 JIMBARAN KECAMATAN KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031206-COVER.pdf Download (254kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031206-ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031206-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (75kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031206-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031206-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031206-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031206-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031206-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031206-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial berbasis Tri Hita Karana siswa kelas IV SD pada materi siklus makhluk hidup yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan dengan model RDR dengan tahapan pengembangan yaitu research (studi pendahuluan), tahap development (pengembangan), dan tahap research. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar validasi instrumen dengan melibatkan dua ahli/pakar dan dua praktisi/guru kelas IV SD. Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang terdiri atas kisi-kisi dan kuesioner dengan jumlah pernyataan kuesioner sikap sosial sebanyak 25 item pernyataan dan kuesioner sikap spiritual sebanyak 25 item pernyataan. Teknik yang digunakan dalam melakukan analisis data pada uji validitas isi menggunakan rumus Gregory. Hasil relevansi instrumen yang dilakukan oleh dua ahli/pakar dan dua praktisi/guru kelas IV menunjukkan hasil yang relevan terhadap semua item pernyataan yang ada. Perhitungan validitas instrumen penilaian sikap sosial menunjukkan hasil sebesar 1,00 dan pada sikap spiritual menunjukkan hasil sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Sementara itu untuk hasil uji empirik yaitu dari 10 butir penilaian siswa untuk instrumen penilaian sikap sosial dan sikap spiritual, semuanya mendapatkan hasil di atas rtabel 0,279 hasilnya valid. Untuk hasil uji reliabilitas maka dapat disimpulkan bahwa instrument penilaian sikap spiritual dan sikap sosial memperoleh nilai sebesar 0.80. Data ini menunjukaan 0,8 < rtt ≤ 1,0 reliabilitas sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan telah valid dan reliabel, sehingga layak untuk digunakan menilai sikap spiritual dan sikap sosial berbasis Tri Hita Karana siswa kelas IV SD pada materi siklus makhluk hidup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, sikap sosial, sikap spiritual, Tri Hita Karana |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Agus Suantara |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 05:24 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 05:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12908 |
Actions (login required)
View Item |