Ardithayasa, I Wayan (2022) Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Pemecahan Masalah Pada Materi PerkembangbiakanTumbuhan Kelas III SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029041006-COVER.pdf Download (386kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029041006-ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029041006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029041006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029041006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029041006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029041006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029041006-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ardithayasa, I Wayan (2022). Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Pemecahan Masalah pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas III SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Ketut Gading, M.Psi. dan Pembimbing II: Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: PjBL, 4D, Literasi, Pemecahan Masalah Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya penggunaan bahan ajar yang bervariasi, sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan literasi sains dan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektifitas modul berbasis project based learning untuk meningkatkan literasi sains dan pemecahan masalah pada materi perkembangan tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Four D Model). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, pendidik, dan siswa kelas III SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Jenis instrument yang digunakan berupa kusioner tertutup. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul berbasis project based learning yang dikembangakan dengan model 4D valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar. Implikasi dari penelitian ini yaitu modul berbasis project based learning yang dikembangkan valid, layak, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBL, 4D, Literasi, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Wayan Ardithayasa |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:01 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 04:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12924 |
Actions (login required)
View Item |