Triskayani, I Gusti Ayu Putu (2022) Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation diselingi Musik Instrumental Menurunkan Kebosanan serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041047-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041047-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (456kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041047-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran group investigation diselingi musik instrumental menurunkan kebosanan serta kontribusinya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini ialah penelitian eksperimental (quasi eksperiment) serta rancangan yang digunakan yakni sama subjek (treatment by subject design) atau randomized and post test group dan variabel yang digunakan di skripsi ini ialah variabel kebosanan belajar yang didata menggunakan kuisioner kebosanan belajar yang sudah valid serta reliabel sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dengan memberikan lembar tes objektif sesudah pembelajaran. Data yang sudah didapatkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui rerata simpangan baku sedangkan dengan menguji hipotesis untuk mengetahui kebosanan menggunakan uji t-paired pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan t-paired diperoleh kebosanan 0,0001 (p>0,05). Serta untuk dapat mengetahui kontribusi kebosanan belajar terhadap hasil belajar didapatkan hasil menggunakan uji regresi ordinal analisis data pada kebosanan belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar, karena kontribusinya sebesar 51,6%. Berdasarkan hasil analisis statistik dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran Group Investigation diselingi musik Instrumental dapat menurunkan kebosanan serta kontribusinya terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, implikasi penelitian ini difokuskan untuk guru agar mengimplementasikan pembelajaran model pembelajaran group investigation diselingi musik instrumental karena dapat menurunkan kebosanan serta dapat berkontribusi terhadap hasil belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Group Investigation,Musik Instrumental, Kebosanan belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Putu Triskayani |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:39 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12968 |
Actions (login required)
View Item |