WAHYUNI, PUTU (2022) PENGARUH ALAT PERAGA DAN PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP GENESHA DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829091006 - COVER.pdf Download (456kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829091006-ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091006-BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829091006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Wahyuni, Putu (2022), Pengaruh alat peraga dan peran orang tua dalam pembelajaran IPS untuk peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Ganesha Denpasar. Tesis, Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah di setujui dan diperiksa oleh pembimbing I : Prof. Dr. I Gede Astra Wesnawa,M.Si dan Pembimbing II : Dr. Drs. I Wayan Kertih, M.Pd Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh alat peraga terhadap prestasi belajar siswa, dan mendeskripsikan pengaruh peran orang tua terhadap pretasi belajar siswa serta, mengananlisis pengaruh alat peraga dan peran orang tua pada pembelajaran IPS untuk peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Ganesha Denpasar. Populasi pada riset ini yakni seluruh kelas VII SMP Ganesha Denpasar tahun ajaran 2019/2020, yang tersebar dalam 10 kelas, penentuan sampel dengan random sampling. Pengumpulan data pada riset ini menggunakan kuesioner dan tes prestasi belajar yang selanjutnya dianalisis dengan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan Alat Peraga pada proses pembelajaran IPS memiliki pengaruh yang positif kepada Prestasi Belajar di SMP Ganesha Denpasar. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai sig. 0,000<0,05 dan memiliki nilai t_hitung 7,775 > 1,99. Peranan dari orang tua atau keluarga pada proses pembelajaran IPS juga memiliki pengaruh yang positif kepada Prestasi Belajar di SMP Ganesha Denpasar. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai sig. 0,000<0,05 dan memiliki nilai t_hitung 5,573 > 1,99. Dan dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Alat Peraga dan Peran Orang Tua dalam pembelajaran IPS memberikan pengaruh yang signifikan kepada Prestasi Belajar dari seorang Siswa di SMP Ganesha Denpasar, dibuktikan dengan nilai sig. 0,000<0,05 dan memiliki nilai Fhitung 88,265 > 3,11. Kata kunci: alat peraga; peran orang tua; prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat peraga, peran orang tua, prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Putu Wahyuni |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 05:36 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 05:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13100 |
Actions (login required)
View Item |