Pengaruh Pemanfaatan Media Simulasi PhET dengan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar

ERNAWATI, NI NYOMAN (2022) Pengaruh Pemanfaatan Media Simulasi PhET dengan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929021007-COVER.pdf

Download (300kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929021007-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929021007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929021007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929021007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929021007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929021007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929021007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929021007-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ernawati, Ni Nyoman. 2022. Pengaruh Pemanfaatan Media Simulasi PhET dengan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar. Tesis. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah diperiksa dan disetujui oleh Pembimbing I: Dr. I Gede Sudirtha, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Ni Made Sri Mertasari, M.Pd Kata kunci: Media Simulasi PhET, Blended Learning, Hasil Belajar, Kemampuan Awal Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan media simulasi PhET (Physics Education Technology) dengan Blended Learning terhadap hasil belajar Fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 434 siswa Kelas XI di SMAN 7 Denpasar tahun ajaran 2021/2022. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yang mengambil empat kelas secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan eksperimen semu menggunakan desain treatment by level 2 x 2 dengan posttest only control group. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes kemampuan awal dan tes hasil belajar yang masing-masing terdiri dari 25 soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji Anava dua jalur menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran blended learning dengan media simulasi PhET dan siswa yang mengikuti pembelajaran blended learning dengan media konvensional 0,009 < 0,05 (2) Terdapat pengaruh interaksi antara pembelajaran blended learning dengan media pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar Fisika ditunjukkan oleh harga signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Pada siswa berkemampuan awal tinggi, hasil belajar Fisika yang mengikuti pembelajaran blended learning dengan media simulasi PhET lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media konvensional ditunjukkan oleh harga signifikansi 0,000 < 0,05 (4) Pada siswa berkemampuan awal rendah, hasil belajar Fisika yang mengikuti pembelajaran blended learning dengan media simulasi PhET lebih rendah dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media konvensional ditunjukkan oleh perolehan harga signifikansi 0,014 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Simulasi PhET, Blended Learning, Hasil Belajar, Kemampuan Awal
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: NI NYOMAN ERNAWATI
Date Deposited: 16 Oct 2022 00:20
Last Modified: 16 Oct 2022 00:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item View Item