PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR BERBASIS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TAJEN TABANAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Putri, Ida Ayu Made Ariska (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR BERBASIS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TAJEN TABANAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031083-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031083-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031083-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031083-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031083-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengetahui rancang bangun media video pembelajaran matematika berbasis pendekatan etnomatematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tajen dan mengetahui kelayakan dari segi isi, desain serta media video pembelajaran matematika berbasis pendekatan etnomatematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tajen. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, serta siswa kelas IV di SD Negeri 2 Tajen. Model pengembangan penelitian ini adalah model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) sehingga langkah-langkah dalam proses pengembangan produk dapat dilakukan secara sistematis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara tak terstruktur dan angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan adalah sebuah produk berupa video pembelajaran, meliputi hasil: (1) deskripsi rancang bangun pengembangan video pembelajaran matematika berbasis pendekatan etnomatematika yaitu melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) video pembelajaran matematika berbasis pendekatan etnomatematika dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli isi/materi pembelajaran yang mencapai persentase skor 90,62% dengan kualifikasi sangat baik; (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran yang mencapai persentase skor 96,15% dengan kualifikasi sangat baik; (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran yang mencapai persentase 90,38% dengan kualifikasi sangat baik; (d) hasil uji coba perorangan yang mencapai persentase skor 90% dengan kualifikasi sangat baik; (e) hasil uji coba kelompok kecil yang mencapai 93,54% dengan kualifikasi sangat baik; (f) hasil uji coba lapangan yang mencapai persentase skor 92,76% dengan kualifikasi yang sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika berbasis pendekatan etnomatematika layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, matematika, pendekatan etnomatematika, bangun datar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ida Ayu Made Ariska Putri
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:58
Last Modified: 17 Oct 2022 02:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

View Item View Item