Putri, Ida Ayu Made Ariska (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR BERBASIS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TAJEN TABANAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031083-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031083-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (495kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031083-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031083-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031083-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengetahui rancang bangun media video pembelajaran matematika berbasis pendekatan etnomatematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tajen dan mengetahui kelayakan dari segi isi, desain serta media video pembelajaran matematika berbasis pendekatan etnomatematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tajen. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, serta siswa kelas IV di SD Negeri 2 Tajen. Model pengembangan penelitian ini adalah model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) sehingga langkah-langkah dalam proses pengembangan produk dapat dilakukan secara sistematis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara tak terstruktur dan angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan adalah sebuah produk berupa video pembelajaran, meliputi hasil: (1) deskripsi rancang bangun pengembangan video pembelajaran matematika berbasis pendekatan etnomatematika yaitu melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) video pembelajaran matematika berbasis pendekatan etnomatematika dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli isi/materi pembelajaran yang mencapai persentase skor 90,62% dengan kualifikasi sangat baik; (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran yang mencapai persentase skor 96,15% dengan kualifikasi sangat baik; (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran yang mencapai persentase 90,38% dengan kualifikasi sangat baik; (d) hasil uji coba perorangan yang mencapai persentase skor 90% dengan kualifikasi sangat baik; (e) hasil uji coba kelompok kecil yang mencapai 93,54% dengan kualifikasi sangat baik; (f) hasil uji coba lapangan yang mencapai persentase skor 92,76% dengan kualifikasi yang sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika berbasis pendekatan etnomatematika layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, matematika, pendekatan etnomatematika, bangun datar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Made Ariska Putri |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 02:58 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 02:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13152 |
Actions (login required)
View Item |