Suba, I Nengah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RITATOON DALAM MUATAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031211-COVER.pdf Download (180kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031211-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031211-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031211-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031211-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031211-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031211-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031211-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031211-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses pengembangan media pembelajaran ritatoon dalam muatan IPS kelas V Sekolah Dasar, (2) mengetahui media pembelajaran ritatoon dalam muatan IPS kelas V Sekolah Dasar yang sudah teruji validitasnya dan (3) mengetahui respon praktisi/guru dan siswa terhadap media pembelajaran ritatoon dalam muatan IPS kelas V Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi, namun pada tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena adanya kerterbatasan dari segi waktu, finansial, tenaga dan sumber daya. Adapun subjek penelitian ini adalah pengembangan media Ritatoon dalam muatan IPS kelas V Sekolah Dasar. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas (kelayakan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner yang diberikan kepada tiga dosen sebagai ahli, satu orang guru dan siswa (uji kelompok kecil) yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh kemudian dihitung menggunakan rumus mean yang dikonverensikan ke dalam kriteria penilaian validitasnya. Hasil analisis yang diperoleh: (1) hasil uji ahli materi soal diperoleh 0,88 Kualifikasi Sangat Valid (2) hasil uji ahli media diperoleh 0,85 dengan kualifikasi sangat valid, (3) hasil uji ahli media diperoleh 0,94 dengan kualifikasi sangat valid (4) hasil respon praktisi diperoleh 1 dengan kualifikasi sangat valid, (4) hasil respon siswa diperoleh 1dengan kualifikasi sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Ritatoon, Dalam Muatan IPS Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Nengah Suba |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 00:38 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 00:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13185 |
Actions (login required)
View Item |