ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB

Dharma, Pande Ngurah Bagus Surya (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011101-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011101-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011101-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011101-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011101-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011101-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011101-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011101-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011101-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan gaya belajar Kolb yang meliputi accomodator, assimilator, converger, dan diverger. Penelitian ini menggunkan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket gaya belajar Kolb, tes kemampuan berpikir kritis, dan pedoman wawancara. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Data hasil penelitian dianalisis meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 8 siswa. Hasil penelitian menunjukan 1) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar accomodator mempunyai rata-rata sebesar 50,16 (kategori rendah) sebagian besar siswa tidak mampu pada tahap merumuskan masalah yang bermakna serta mengalami kesalahan dalam perhitungan dan tahap melakukan evaluasi. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar assimilator mempunyai rata-rata sebesar 66,09 (kategori sedang) sebagian besar siswa tidak mampu pada tahap merumuskan masalah matematika. 3) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar converger mempunyai rata-rata sebesar 62,50 (kategori sedang) sebagian besar siswa tidak mampu pada tahap mengembangkan konsep jawaban dan argumentasi yang reasonable dan tahap melakukan evaluasi. 4) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar diverger mempunyai rata-rata sebesar 63,91 (kategori sedang) sebagian besar siswa tidak mampu pada tahap merumuskan masalah matematika dan tahap melakukan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: masalah matematika, berpikir kritis, gaya belajar Kolb.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Pande Ngurah Bagus Surya Dharma
Date Deposited: 18 Oct 2022 06:39
Last Modified: 18 Oct 2022 06:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13225

Actions (login required)

View Item View Item