Artayana, Made Setio (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA PADA MUATAN IPS TEMA 7 SUBTEMA 2 SISWA KELAS IV SD N 2 SELAT SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031290-COVER.pdf Download (227kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031290-ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031290-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031290-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031290-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031290-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031290-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031290-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031290-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media video pembelajaran berbasis kearifan lokal tri hita karana pada puatan IPS tema 7 subtema 2 siswa kelas IV SD N 2 Selat semester genap tahun pelajaran 2021/2022. dan (2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana pada muatan IPS tema 7 subtema 2 siswa kelas IV SD N 2 Selat semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Data yang dihasilkan di dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner atau angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun media video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana pada muatan IPS Tema 7 Subtema 2 siswa kelas IV SD dengan menggunakan model ADDIE. Adapun tahapan model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) media video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana layak untuk digunakan sesuai dengan hasil validitas menurut a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan skor mencapai 98% dengan kualifikasi sangat baik, b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan skor mencapai 89,5% dengan kualifikasi baik, c) hasil review ahli media pembelajaran mencapai skor 93,7% dengan kualifikasi sangat baik, d) hasil uji coba perorangan mencapai skor 95,1% dengan kualifikasi sangat baik, e) hasil uji coba kelompok kecil mencapai skor 96,1% dengan kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran, Kearifan Lokal Tri Hita Karana, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Setio Artayana |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 00:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 00:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13238 |
Actions (login required)
View Item |