Anggraeni, Ida Ayu Ade Sri (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBUKTIAN HIPOTESIS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813031035-COVER.pdf Download (410kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813031035-ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813031035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813031035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813031035-LAMPIRAN.pdf Download (327kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mendeskripsikan spesifikasi dari produk perangkat pembelajaran hidrolisis garam dengan pendekatan saintifik berfasilitas video pembuktian hipotesis. Penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilakukan mengikuti model pengembangan Luther dipadukan dengan model pengembangan Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, diantaranya daftar cek studi dokumen, pedoman wawancara, dan lembar penilaian produk. Produk hasil pengembangan berupa 1 unit LKPD dan video pembuktian hipotesis yang terdiri dari 3 potongan video, dengan karakteristik 1) mengikuti urutan sintak Problem Based Learning dengan mengakomodasi aspek-aspek kegiatan saintifik 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan), 2) mengikuti penalaran induktif, 3) dilengkapi konten pendukung diantaranya hyperlink, animasi dan potongan video demonstrasi percobaan hidrolisis garam. Persentase rata-rata penilaian produk yang didapatkan yakni sebesar 96,87; 90,47; dan 93,75% masing-masing dari ahli isi, ahli media, dan ahli bahasa, serta 90,85 dan 96,34% masing-masing dari praktisi 1 dan 2. Berdasarkan persentase rata-rata penilaian tersebut, produk LKPD dan video pembuktian hipotesis hasil pengembangan memiliki validitas sangat baik. Hasil uji keterbacaan produk oleh siswa menunjukan respon positif dan hasil pengisian LKPD menunjukan siswa telah mampu mengisi tagihan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, video pembuktian hipotesis, model problem based learning, pendekatan saintifik, penalaran induktif, hidrolisis garam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Ade Sri Anggraeni |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 07:15 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 07:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13326 |
Actions (login required)
View Item |