Wibawa, I Gede Sukma (2022) Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Banjar Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071029-COVER.pdf Download (410kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071029-ABSTRAK.pdf Download (83kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071029-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan profil keterampilan proses sains siswa, (2) menjelaskan proses pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa serta (3) menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pengembangan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 201 orang dan dua orang guru IPA. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni metode tes, wawancara, studi dokumen dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis yang terdiri atas reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan/verifikasi serta divalidasi keabsahan data melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan profil keterampilan proses sains siswa tergolong cukup dengan persentase rata-rata 55%. Proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 yang dilakukan guru yakni (1) memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan keterampilan dalam pembelajaran dengan metode praktikum secara mandiri di rumah, (2) menerapkan model pembelajaran discovery learning dan project based learning, (3) memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi saat kondisi normal. Faktor pendukung dalam pengembangan keterampilan proses sains adalah (1) guru memiliki pemahaman yang baik tentang keterampilan proses sains, (2) siswa memiliki rasa ingin tahu dan motivasi yang baik, (3) sarana dan prasarana yang memadai sedangkan faktor penghambat pengembangan keterampilan proses yakni: (1) guru jarang melaksanakan praktikum di sekolah, (2) siswa sering membagi tugas dengan teman kelompoknya sehingga siswa tidak dapat mengembangkan keterampilan proses sainsnya secara menyeluruh dan (3) ketersediaan alat dan bahan belum mencukupi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan proses sains, proses pembelajaran, pembelajaran IPA SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I Gede Sukma Wibawa |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 03:47 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 03:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13347 |
Actions (login required)
View Item |