Trisaputra, I Nyoman Astawa (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BEBANDEM PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071007-COVER.pdf Download (459kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071007-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071007-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bebandem dalam menguasai materi usaha dan pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 1 orang guru IPA kelas VIII dan 135 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bebandem. Objek penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam menguasai materi usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, kuesioner, dan wawancara. Metode analisis data pada penelitian ini adalah dengan statistik deskriptif untuk menganalisis kesulitan belajar siswa, sedangkan analisis data faktor penyebab kesulitan belajar dilakukan dengan deskriptif kuantitatif, serta melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesulitan belajar siswa dominan pada kelompok tinggi (40,00%), kesulitan belajar siswa dalam bentuk pemahaman konsep, penerapan rumus, literasi, dan penulisan simbol; (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yakni, faktor internal dan eksternal. Faktor internal mencakup empat aspek antara lain aspek intelegensi, minat, motivasi, dan bakat. Pada faktor internal aspek minat dan intelegensi memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan aspek-aspek yang lain, sedangkan faktor eksternal mencakup tiga aspek yakni aspek lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. Pada faktor eksternal aspek lingkungan sekolah memiliki pengaruh paling tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar, faktor penyebab, IPA SMP |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Astawa Trisaputra |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 03:23 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 03:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13368 |
Actions (login required)
View Item |