Hitangkara, I Gede Talawang Gala Anala (2022) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA GURU PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071057-COVER.pdf Download (379kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071057-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071057-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan bertanya guru pada pembelajaran IPA serta mendeskripsikan kendala bertanya guru dan upaya mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Untuk menentukan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Singaraja. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA yang berjumlah tiga orang yaitu satu guru IPA kelas VII, satu guru IPA kelas VIII, dan satu guru IPA kelas IX. Metode pengumpulan data yang diperlukan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu hasil analisis keterampilan bertanya guru A yaitu sebesar 73,78%, persentase yang diperoleh oleh guru B yaitu sebesar 76,91%, dan persentase yang diperoleh oleh guru C yaitu sebesar 69,22%. Rata-rata persentase keterampilan bertanya guru IPA di SMP Negeri 4 Singaraja adalah 73,28% yang termasuk kriteria baik. Persentase tersebut menunjukkan bahwa keterampilan bertanya guru IPA di SMP Negeri 4 Singaraja berada pada kualitas baik. Kendala yang mempengaruhi penerapan keterampilan bertanya guru pada pembelajaran IPA adalah kurangnya motivasi belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran menyebabkan guru kesulitan dalam melaksanakan tanya jawab. Kebanyakan siswa masih malu-malu dalam menjawab pertanyaan. Hal ini membuat guru mengalami kesulitan dalam mengajukan peranyaan kompleks atau sulit yang berakibat siswa tidak mampu menjawab. Kendala lain yang ditemui guru dalam menerapkan keterampilan bertanya adalah waktu pembelajaran yang singkat. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut yaitu memberikan tuntunan atau petunjuk, model pembelajaran yang menarik, memotivasi siswa, dan diselingi dengan permainan agar siswa kembali fokus terhadap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan bertanya, kendala dan upaya bertanya, kriteria guru |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | I GEDE TALAWANG GALA ANALA HITANGKARA |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 03:29 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 03:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13384 |
Actions (login required)
View Item |