Triananda, Anak Agung Ayu Novi (2022) AN ANALYSIS OF TEACHING MEDIA USED BY EFL PRE-SERVICE TEACHER IN PRE-SERVICE TEACHING PROGRAM: PLP ADAPTIF 2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021052-COVER.pdf Download (759kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021052-ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021052-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021052-LAMPIRAN.pdf Download (263kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis media ajar yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa calon guru EFL (EFL PST), alasan yang mendasari penggunaan jenis media ajar tertentu, dan tantangan yang dihadapi selama pengimplementasian jenis media ajar tersebut selama praktikum pengajaran PLP Adaptif 2021 (PLP-A 21). Subjek penelitian ini adalah 10 EFL PST dari Universitas Pendidikan Ganesha jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (ELE) yang telah melaksanakan PLP-A 21. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, rekaman video pengajaran yang diperoleh dari ELE PST, pedoman wawancara, dan aplikasi WhatsApp, dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media ajar yang paling banyak digunakan oleh ELE PST di PLP-A 21 adalah multimedia khususnya PowerPoint. Alasan yang mendasari penggunaan PowerPoint adalah karena; PowerPoint mudah untuk digunakan, PowerPoint adalah media yang populer untuk pembelajaran online, PowerPoint membantu EFL PST lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran, fitur PowerPoint membantu EFL PST merancang media ajar yang menarik, dan penggunaannya memberikan dampak positif terhadap pembelajaran siswa. Sedangkan kendala yang dihadapi EFL PST selama pelaksanaannya berasal dari faktor eksternal, seperti siswa tidak memiliki handphone, memori handphone siswa yang penuh, dan handphone siswa yang error. Selain itu, ada juga faktor eksternal, seperti perangkat EFL PST yang bermasalah, contohnya seperti PC mengalami error saat mengimplementasikan media dan koneksi internet EFL PST yang tidak stabil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLP-Adaptif 2021, Pre-service Teachers, Teaching Media. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Ayu Novi Triananda |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 08:04 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 08:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13402 |
Actions (login required)
View Item |