Aprilianingsih, Rika (2022) EKSISTENSI BATIK DI SMK NEGERI 2 TEGALSARI BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812031008-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812031008-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812031008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812031008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Untuk mendeskripsikan sejarah berdirinya SMK Negeri 2 Tegalsari sehingga terbentuk Jurusan Kriya Testil (2) Untuk mengetahui kebijakan, sarana pendukung dan sumber daya manusia serta sumber daya lingkungan dalam pembelajaran Kriya Tesktil sehingga terciptanya kenyaman dalam pelaksanaan pembelajaran membatik di SMK Negeri 2 Tegalsasri. (3) Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan pelaksanaan pembelajaran membatik di SMK Negeri 2 Tegalsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif. Objek penelitian ini Adalah “Eksistensi Batik Di Smk Negeri 2 Tegalsari Banyuwangi”. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan keperpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Sejarah berdirinya sekolah ini dimana pondok pesantren Mabadi’ul Ihksan menghibahkn tanah seluas 20.900 m untuk dihibahkan kepada pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi guna untuk didirikan lembaga SMK Negeri 2 Tegalsari, hal ini terjadi pada tahun 2014 pada tahun ini pula dibuka 4 jurusan yaitu jurusan Desain Poduk Kriya Tekstik (DPKT), Multimedia (MM), Teknik Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP), dan Teknik Gambar Bangunan (TGB). (2) Kebijakan kurikulum atau model pembelajaran sesuai dengan dunia industri, yaitu Program Teaching Factory (TEFA), sarana pendukung lainya seperti ruang penunjang pembelajaran praktek serta sumber daya manusia yaitu guru yang terlatih sesuia bidang (3) Keunggulan yang dimiliki SMK Negeri 2 Tegalsari bias dilihat dari SDM guru yang sudah memiliki sertifikasi profesi pada bidang seni rupa khususnya Tekstil, selain itu kita bisa lihat keunggulan lainya seperti krikulum berbasis Industri, kelemahan masih kurangnya fasilitas sarana dan prasarana yang belum seimbang antara siswa dan alat yang dipergunakan pada saat proses pembelajaran di dalam kelas seperti ruang praktek atau belum tersedianya ruangan tempat khusus untuk melaksanakan kegiatan praktek hal ini disebabkan sekolah SMK Negeri 2 Tegalsari masih dalam tahap kegiatan pembangunan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Batik, Testil, Eksistensi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Rika Aprilianingsih |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 00:49 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 00:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13403 |
Actions (login required)
View Item |