Dirgahayu, Ni Wayan Dian Suprapti (2020) Pengaruh Penguasaan Content Knowledge (CK) dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) terhadap Kinerja Guru Matematika. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1723011011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723011011-ABSTRAK.pdf Download (989kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
1723011011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723011011-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Dirgahayu, Ni Wayan Dian Suprapti (2020), Pengaruh Penguasaan Content Knowledge (CK) dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) terhadap Kinerja Guru Matematika. Tesis. S-2 Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si. dan Pembimbing II : Dr. Gede Suweken, M.Si. Kata Kunci: Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, Kinerja Guru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penguasaan Content Knowledge (CK) terhadap kinerja guru matematika SMP Negeri Kecamatan Kuta Selatan. (2) pengaruh penguasaan Pedagogical Content Knowledge (PCK) terhadap kinerja guru matematika SMP Negeri Kecamatan Kuta Selatan. (3) pengaruh penguasaan Content Knowledge (CK) dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) terhadap kinerja guru matematika SMP Negeri Kecamatan Kuta Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Mixed Method, dengan rancangan penelitiannya adalah expost facto. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan 4 sekolah untuk pengambilan sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan untuk content knowledge diperoleh melalui tes dan untuk pedagogical content knowledge dan kinerja guru diperoleh melalui kuesioner, lembar observasi dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis jalur sedangkan untuk data kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh signifikan antara CK guru terhadap kinerja guru (2) terdapat pengaruh signifikan antara PCK guru terhadap kinerja guru (3) terdapat pengaruh signifikan antara CK dan PCK guru terhadap kinerja guru diperoleh Y = -0,922X1 + 1,666X2 + 0,149 besarnya pengaruh CK dan PCK guru terhadap kinerja guru sebesar 85,1%. Hasil penelitian ini didukung oleh analisis deksriptif, pada pedoman wawancara menunjukkan bahwa guru yang memiliki CK dan PCK dengan kategori tinggi karena guru dapat mengaplikasikan materi ajar dengan materi ajar lainnya disamping itu guru dapat menyampaikan materi dengan baik dan membuat siswa menjadi lebih nyaman dan mudah dimengerti selain itu, guru dapat mengatasi kesulitan siswa dengan menyajikan materi pembelajaran secara utuh dan pemberian contoh kontekstual sehingga guru dapat meningkatkan kinerjanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Dian Suprapti Dirgahayu |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 08:28 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 08:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1358 |
Actions (login required)
View Item |