PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PENGETAHUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK CALON GURU SD (TPACK-TEST)

Maharani, Ni Wayan Ayu Utari Sri (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PENGETAHUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK CALON GURU SD (TPACK-TEST). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911033005-COVER.pdf

Download (301kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911033005-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911033005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911033005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911033005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911033005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911033005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911033005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911033005-LAMPIRAN.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1) Menghasilkan instrumen pengetahuan TPACK pada calon guru SD yang valid secara isi, (2) menghasilkan instrumen pengetahuan TPACK yang telah memperoleh respons mahasiswa, (3) menghasilkan instrumen pengetahuan TPACK pada calon guru SD yang valid secara butir, (4) menghasilkan instrumen pengetahuan TPACK pada calon guru SD yang reliabel, (5) menghasilkan instrumen pengetahuan TPACK untuk calon guru SD yang memiliki daya beda, (6) menghasikan instrumen pengetahuan TPACK untuk calon guru SD yang memiliki tingkat kesukaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Four D) yang meliput tahapan dengan (1) define (pendefinisian), design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Metode dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan rating scale. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah instrumen tes pengetahuan TPACK, sedangkan objek pengembangan penelitian ini adalah kualitas instrumen yang meliputi, validitas isi, validitas butir, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Analisis data dilakukan dengan rumus Gregory untuk menganalisis validasi isi instrumen dan untuk respons mahasiswa menggunakan bantuan Microsoft Exel yaitu dengan teknik korelasi product moment. Instrumen pengetahuan TPACK memperoleh indeks validitas isi sebesar 1 yaitu berada pada kriteria validitas sangat tinggi. Hasil analisis butir TPACK-Test pada pelaksanaan uji coba perorangan, didapatkan kualifikasi (91,11%) sangat baik. Hasil hitung Validitas butir TPACK-Test menunjukkan terdapat 37 soal atau sebesar 92,5% yang mendapatkan hasil valid dan 3 soal atau sebesar 7,5% yang mendapatkan hasil tidak valid. Reliabitas pada instumen pengetahuan TPACK mendapatkan r-hitung = 0,797 > r-tabel = 0,279 maka dapat disimpulkan bahwa item-item tersebut reliabel. Hasil hitung Daya beda TPACK-Test menunjukkan terdapat sebanyak 19 butir soal (47,5%) termasuk dalam kategori baik, dan sebanyak 21 butir soal (52,5%) termasuk dalam kategori sangat baik. Tingkat kesukaran TPACK-Test menunjukkan terdapat 7 butir soal (17,5%) termasuk dalam kategori mudah, 25 butir soal (62,5%) termasuk dalam kategori sedang, dan 8 butir soal (20%) termasuk dalam kategori sukar. Dengan demikian produk memiliki validitas yang tinggi untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen, TPACK, TPACK-Test
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayan Ayu Utari Sri Maharani
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:13
Last Modified: 28 Oct 2022 01:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item