Ilyas, Muhammad (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI VIDEO SCRIBE BERBASIS PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK TOPIK KESEIMBANGAN EKOSISTEM BAGI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031277-COVER.pdf Download (589kB) |
|
Text (ABSTRAK)
711031277-ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031277-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031277-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031277-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031277-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031277-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
711031277-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (57kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031277-LAMPIRAN .pdf Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun video pembelajaran berbantuan aplikasi video scribe berbasis pembelajaran tematik untuk topik keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas V di SD Negeri 1 Kubutambahan, (2) validitas video pembelajaran berbantuan aplikasi video scribe berbasis pembelajaran tematik untuk topik keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas V di SD Negeri 1 Kubutambahan yang sudah teruji validitasnya dan (3) mengetahui respon dari praktisi dan siswa terhadap video pembelajaran berbantuan aplikasi video scribe berbasis pembelajaran tematik untuk topik keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas V di SD Negeri 1 Kubutambahan. Rancang bangun pengembangan media ini menggunakan model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis yang terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakteristik siswa, tahap perancangan dilakukan dengan menentukan alat penunjang, pengeditan, finishing, dan penyusunan instrument dan naskah isi media, tahap pengembangan dilakukan dengan menyusun media video sesuai dengan naskah yang telah disusun ke dalam ebntuk video yang kemudian akan di lakukan uji valdiitas dan uji respon, tahap implementasi dan tahap evaluasi, namun pada tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena adanya kerterbatasan dari segi waktu, finansial, tenaga dan sumber daya. Adapun subjek penelitian ini adalah pengembangan video pembelajaran berbantuan aplikasi video scribe. Objek penelitian ini adalah validitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner yang diberikan kepada dua dosen sebagai ahli, dua orang guru dan siswa (uji kelompok kecil) yang sudah teruji validitasnya. Data yang diperoleh dilakukan uji validitas yang dihitung menggunakan rumus aiken’s yang dikonverensikan ke dalam kriteria indeks penilaian validitas, uji respon guru dan siswa menggunakan rumus deskriptif presentase. Hasil analisis yang diperoleh: (1) hasil uji ahli materi soal diperoleh 0,875 dengan kualifikasi sangat valid, (2) hasil uji ahli media diperoleh 0,886 dengan kualifikasi sangat valid (3) hasil respon praktisi diperoleh persentase 97% dengan kualifikasi sangat baik dan (4) hasil respon siswa diperoleh persentase 99% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, video scribe, pembelajaran tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Muhammad Ilyas |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 01:23 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 01:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13654 |
Actions (login required)
View Item |