Wardani, Ni Nyoman Alit Putri (2023) MANAJEMEN DIRI GURU PENGGERAK DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129031021-COVER)
2129031021-Cover.pdf Download (908kB) |
|
Text (2129031021-ABSTRAK)
2129031021-Abstrak.pdf Download (217kB) |
|
Text (2129031021-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031021-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (352kB) |
|
Text (2129031021-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031021-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (2129031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031021-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (2129031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031021-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) | Request a copy |
|
Text (2129031021-BAB 5 PENUTUP)
2129031021-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (2129031021-DAFTAR PUSTAKA)
2129031021-Daftar Pustaka.pdf Download (348kB) |
|
Text (2129031021-LAMPIRAN)
2129031021-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen diri guru penggerak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui secara langsung fenomena yang terjadi di lapangan terkait manajemen diri guru penggerak sehingga informasi yang diperoleh faktual dan akurat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dari data primer dan data sekunder. Data primer diambil melalui observasi dan wawancara kepala sekolah, guru penggerak dan beberapa peserta didik. Sedangkan data sekunder diambil melalui dokumen seperti yakni buku profil SMA Negeri 1 Kuta Utara, perangkat pembelajaran guru, jurnal kelas serta laporan rapor pendidikan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengetahui tujuan pekerjaan sebagai pendidik yakni bukan hanya dengan cara mendidik tetapi juga membangun karakter, menuntun kodrat, minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik, 2) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan melakukan pengembangan diri melalui pendidikan dan pelatihan (diklat), melakukan literasi baca buku dan jurnal, serta meningkatkan kompetensi dibidang teknologi, 3) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengolah kecerdasan emosional melalui aktivitas menenangkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran di kelas dan juga melakukan pendekatan personal bagi peserta didik yang memiliki kendala dalam pembelajaran, 4) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengelola waktu melalui pembuatan list waktu dan menggunakan metode berkelompok dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Diri, Guru Penggerak, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | NI NYOMAN ALIT PUTRI WARDANI |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 02:09 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 02:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13815 |
Actions (login required)
View Item |