Nurhayadi, I Kadek (2023) IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH DI BAN-S/M PROVINSI BALI TAHUN 2022 SEBAGI WUJUD DIGITAL GOVERNMENT DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129031007-COVER)
2129031007-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (2129031007-ABSTRAK)
2129031007-Abstrak.pdf Download (328kB) |
|
Text (2129031007-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031007-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (601kB) |
|
Text (2129031007-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031007-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text (2129031007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031007-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (2129031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031007-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (2129031007-BAB 5 PENUTUP)
2129031007-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (2129031007-DAFTAR PUSTAKA)
2129031007-Daftar Pustaka.pdf Download (343kB) |
|
Text (2129031007-LAMPIRAN)
2129031007-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena S/M) di BAN-S/M Provinsi Bali Tahun 2022 sebagai Wujud Digital Geovement dalam Bidang Pendidikan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk mengetahui secara langsung fenomena terjadi di lapangan terkait Implementasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah di BAN-S/M Provinsi Bali Tahun 2022 sebagai Wujud Digital Geovement dalam Bidang Pendidikan sehingga informasi yang diperoleh faktual dan akurat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dari data primer dan data sekunder. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang menjadi informan Ketua BAN-S/M Provinsi Bali, TIM IT BAN-S/M Provinsi Bali, dan KPA/Asesor BAN-S/M Provinsi Bali. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sistem Penilaian Akreditasi oleh BAN-S/M telah menggunakan teknologi internet. Baik pihak sekolah/madrasah, asesor akreditasi maupun manajemen BAN-S/M Provinsi Bali telah terkoneksi dengan jaringan internet tersebut. Namun demikian, sebagai metode baru dalam proses akreditasi sekolah/madrasah, tentu sistem ini masih memiliki kekurangan. Penelitian ini mengkaji kelebihan dan kekurangan sistem akreditasi online di lapangan sehingga dapat dijadikan rujukan untuk pengembangannya baik dari aspek kebijakan, sumber daya manusia, dan organisasi. Hasil penelitian menunjukan implementasi Sispena S/M di BAN-S/M Provinsi Bali mempermudah kegiatan akreditasi sekolah/madrasah yang dilakukan oleh BAN-S/M Provinsi Bali karena proses akreditasi melalui Sispena S/M mulai dari input, proses, dan output. Dari segi input Sispena S/M sudah efektif mulai dari sosialisasi yang dilakukan hingga pengisian data isian akreditasi Sekolah/Madrsah; dari segi proses Sispena S/M efektif digunkan pada saat mapping asesmen kecukupan, mapping visitasi, mapping validasi, dan penilaian oleh asessor; dan dari segi output implementasi Sispena S/M sangat efektif sekolah/madrasah bisa secara langsung mengunduh sertifikat akreditasi di akun Sispena S/M dan melihat rekomendasi hasil akreditasi yang dijadikan acuan untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah/madrasah. Kendala utama dalama implementasi Sispena S/M tidak tersedianya jaringan internet di sekolah/madrasah yang menghambat dalam pengisian data isian akreditasi di Sispena karena sispena S/M merupakan sitem berbasis web yang harus terhubung dengan jaringan internet dalam mengoprasionalkannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Sispena S/M, Digital Government, Akeditasi Sekolah/Madrasah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Kadek Nurhayadi |
Date Deposited: | 11 Feb 2023 00:04 |
Last Modified: | 11 Feb 2023 00:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13857 |
Actions (login required)
View Item |