Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sejarah Kerajaan di Nusantara pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 4 Gianyar Tahun Pelajaran 2022/2023

Putri, Desak Putu Sri (2023) Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sejarah Kerajaan di Nusantara pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 4 Gianyar Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031109-COVER.pdf

Download (479kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031109-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031109-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031109-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031109-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031109-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031109-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031109-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031109-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Book interaktif berbasis Problem Based Learning materi sejarah kerajaan di Nusantara pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar yang teruji rancang bangun, kelayakan dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tes. Data penelitian selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif, kuantitatif, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menggunakan subjek 30 siswa kelas IV SD Negeri 4 Gianyar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil rancang bangun pengembangan E-Book interaktif ini meliputi lima tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, memperoleh hasil review ahli rancang bangun dengan kualifikasi sangat baik (90%). (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa E-Book interaktif layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,1%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,18%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (92,39%), dan (d) hasil uji perorangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (96,93%), (e) hasil uji kelompok kecil dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (95,71%), (f) hasil uji lapangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (95,76%). (3) uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung sebesar 7,213 untuk dk= 29 dan taraf signifikan 5% ttabel =1,69913 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Book interaktif berbasis Problem Based Learning materi sejarah kerajaan di Nusantara pada mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar sangat layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Book, Interaktif, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Desak Putu Sri Putri
Date Deposited: 18 Feb 2023 10:07
Last Modified: 18 Feb 2023 10:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13964

Actions (login required)

View Item View Item