Agastya, Dewa Nyoman Katon (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY LEARNING MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 MANUKAYA, TAMPAKSIRING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031150-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031150-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031150-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (474kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031150-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031150-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031150-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031150-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031150-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031150-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun Video Pembelajaran Berbasis Inquiry Learning Materi Kekayaan Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Manukaya, Tampaksiring. (2) mengetahui kualitas Video Pembelajaran Berbasis Inquiry Learning Materi Kekayaan Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Manukaya, Tampaksiring, ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. (3) Serta untuk mengetahui efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Inquiry Learning Materi Kekayaan Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Manukaya, Tampaksiring. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa serta kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media Video Pembelajaran dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% yang berada pada kualifikasi (Sangat Baik). (2) Kualitas Video Pembelajaran menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 91,66% (Sangat Baik), uji ahli desain instrusional sebesar 90,62% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 83,33% (Baik), uji coba perorangan sebesar 90% (Sangat Baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 90,83% (Sangat Baik). (3) Efektivitas Video Pembelajaran berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = -6,215 untuk db = 17 dan taraf signifikan 5% = 1,740. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Video Pembelajaran Berbasis Inquiry Learning efektif digunakan pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Manukaya, Tampaksiring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Inquiry Learning, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dewa Nyoman Katon Agastya |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 05:19 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 05:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13977 |
Actions (login required)
View Item |