Purnomo, I Nyoman Pasek (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN HOUSEKEEPING DI KELAS XI PERHOTELAN SMK NEGERI 1 KUBU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015017004-COVER.pdf Download (711kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015017004-ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015017004-BAB 1-PENDAHULUAN.pdf Download (296kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015017004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015017004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015017004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015017004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015017004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015017004-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKPD untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Housekeeping di kelas XI Ph.3 SMK Negeri 1 Kubu tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang tahapan langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ph.3 SMK Negeri 1 Kubu yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deksriptif, dengan melakukan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKPD dapat meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar peserta didik pada mata pelajaran Housekeeping untuk siswa kelas XI Ph.3 SMK Negeri 1 Kubu. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil keaktifan belajar siswa pada siklus I dengan predikat aktif. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu hasil keaktifan siswa meningkat sehingga pada siklus II ini keaktifan belajar peserta didik menjadi sangat aktif. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas XI Ph.3 mengalami peningkatan dari nilai rata-rata dengan predikat baik pada siklus I menjadi nilai rata-rata prestasi belajar amat baik pada siklus II. Prestasi ketuntasan belajar secara klasikal siswa kelas XI Ph.3 juga mengalami peningkatan dari siklus I mengalami peningktan prestasi ketuntasan belajar siswa pada siklus II. Kata Kunci: Discovery Learning, LKPD, Housekeeping
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, LKPD, Housekeeping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Pasek Purnomo |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 02:04 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13992 |
Actions (login required)
View Item |