Safitri, Meri Dwi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BERBANTUAN MEDIA FUN THINKERS PADA TEMA BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DISEKITARKU TERHADAP KETERAMPILAN CALISTUNG SISWA KELAS 1 SD GUGUS RINJANI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031219-COVER.pdf Download (361kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031219-ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031219-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031219-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031219-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031219-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031219-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031219-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031219-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif berbantuan media Fun Thinkers pada tema benda, hewan dan tanaman disekitarku terhadap keterampilan calistung siswa kelas 1 SD Gugus Rinjani. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experiment, dengan rancangan yang digunakan Non-Equivalent Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas I SD di Gugus Rinjani yang terdiri dari 4 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 67 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling, yang dirandom yaitu kelas sebagai Intact Group dengan komposisi sampel SD Negeri 1 Gilimanuk yang berjumlah 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 2 Gilimanuk yang berjumlah 16 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar calistung adalah metode tes dengan menggunakan tes essay/uraian yang berjumlah 10 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 12,23 lebih besar dari ttabel = 1,69. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Aktif berbantuan media Fun Thinkers pada tema benda, hewan, dan tanaman diekitarku terhadap keterampilan calistung siswa kelas I SD Gugus Rinjani
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran aktif, media fun thinkers, keterampilan calistung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Meri Dwi Safitri |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 09:41 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 09:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14025 |
Actions (login required)
View Item |