Maharani, Ida Ayu Bintang Arista (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA SUB TEMA LINGKUNGAN KELUARGA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI PAUD KUMARA WARMADEWA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061032-COVER.pdf Download (807kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061032-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061032-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan rancang bangun, mengetahui kelayakan dan efektivitas media Kartu Bergambar Berbantuan Augmented Reality (AR) pada sub tema lingkungan keluarga bagi anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Rancang bangun media kartu bergambar berbantuan AR memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik; (2) Kelayakan media kartu bergambar berbantuan AR menurut ahli dan subjek penelitian diperoleh sebagai berikut. (a) hasil uji isi media memperoleh skor 96,66% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji desain instruksional memperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 88,33% dengan kualifikasi baik, (d) hasil uji coba perorangan memperoleh skor 94,79% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 94,09% dengan kualifikasi sangat baik, sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan; (3) Efektivitas media kartu bergambar berbantuan AR berdasarkan hasil uji-t memperoleh nilai rata-rata pre-nontest 55 dan rata-rata nilai post-nontest siswa adalah 83,15. Hasil analisis statistik uji-t diperoleh t hitung -19,55, sedangkan t-tabel dengan db n-1 = 18 pada taraf signifikansi 5% = 1,734. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (-19,55 > 1,688). Sehingga terdapat perbedaan skor signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media kartu bergambar berbantuan AR pada anak kelompok B di PAUD Kumara Warmadewa. Sehingga mendapatkan kesimpulan produk media kartu bergambar berbantuan AR layak dan efektif digunakan untuk anak kelompok B di PAUD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Augmented Reality (AR), Perkembangan Bahasa, Pembelajaran Tematik, PAUD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Bintang Arista Maharani |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 00:58 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 00:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14167 |
Actions (login required)
View Item |