Noviantini, Ni Made Hendriana (2023) Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum untuk Mengukur Kemampuan Numerasi Siswa SMP Kelas VII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2023011009-COVER.pdf Download (305kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023011009-ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2023011009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023011009-LAMPIRAN.pdf Download (44MB) |
Abstract
Numerasi merupakan salah satu kompetensi yang diukur pada AKM. Kemampuan numerasi pada AKM merupakan kemampuan dalam memecahkan masalah matematika dengan menggunakan berbagai macam angka dan simbol dalam konten bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian serta aljabar yang menggunakan proses kognitif pemahaman, penerapan, dan penalaran dalam konteks personal, sosial budaya maupun saintifik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk berupa instrumen tes bentuk pilihan ganda diperluas untuk mengukur kemampuan numerasi siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah four-D Models oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Teknik penskoran menggunakan politomi dan melibatkan 70 siswa sebagai subjek uji coba instrumen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Karakteristik Instrumen AKM yang dikembangkan dari segi konteks maupun level kognitif soal sudah mendekati angka persentase estimasi, serta mencangkup empat domain dengan kompetensi minimumnya masing-masing, (2) nilai validitas berkisar antara 0,274 hingga 0,743, (3) koefisien reliabilitas instrumen 0,88, (4) taraf kesulitan 8% mudah , 80% sedang dan 12% susah, (5) daya beda antara 0,43 hingga 0,78, (6) 92% soal memiliki efektifitas pengecoh yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen, AKM, Numerasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Made Hendriana Noviantini |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 03:15 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 03:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14197 |
Actions (login required)
View Item |