Puspawati, Ida Ayu Komang (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA TOPIK KLASIFIKASI DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071041-COVER.pdf Download (853kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071041-ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071041-LAMPIRAN.pdf Download (23MB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik modul, menganalisis tingkat validitas, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul IPA bermuatan kearifan lokal pada topik klasifikasi materi dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Namun, penelitian ini dilakukan hingga tahapan develop. Subjek uji coba penelitian ini meliputi dua orang ahli Pendidikan IPA, lima orang guru IPA dan sepuluh orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada dengan objek penelitian berupa validitas, kepraktisan, dan keterbacaaan. Metode dalam pengembilan data menggunakan angket dengan instrument yang meliputi angket validitas, kepraktisan, dan keterbacaan. Data hasil penelitian ini meliputi, tingkat validitas, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul IPA bermuatan kearifan lokal. Data dianalisis secara deskriptif. Karakteristik modul IPA yang dikembangkan (1) menyajikan informasi terkait dengan kearifan lokal Bali yakni sarana dan prasarana persembahyangan dan Garam Amed, (2) berpendekatan kontekstual, (3) pedoman penggunaan modul, (4) dilengkapi dengan berbagai fitur. Tingkat validitas modul IPA bermuatan kearifan lokal memiliki kualifikasi sangat valid (skor 1). Kepraktisan modul IPA bermuatan kearifan lokal tergolong ke dalam kategori praktis (skor 3,57). Tingkat keterbacaan modul IPA bermuatan kearifan lokal tergolong ke dalam kategori terbaca (skor 3,47). Berdasarkan data hasil penelitian, modul IPA bermuatan kearifan lokal pada topik klasifikasi materi dan perubahannya yang telah dikembangkan dapat diuji ke tahap selanjutnya yakni uji efektifitas dan penyebaran produk. Kata Kunci: Modul, IPA, Kearifan Lokal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, IPA, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Komang Puspawati |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:19 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14205 |
Actions (login required)
View Item |