PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA TOPIK KLASIFIKASI DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

Puspawati, Ida Ayu Komang (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA TOPIK KLASIFIKASI DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813071041-COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071041-ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (480kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071041-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071041-LAMPIRAN.pdf

Download (23MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik modul, menganalisis tingkat validitas, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul IPA bermuatan kearifan lokal pada topik klasifikasi materi dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Namun, penelitian ini dilakukan hingga tahapan develop. Subjek uji coba penelitian ini meliputi dua orang ahli Pendidikan IPA, lima orang guru IPA dan sepuluh orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada dengan objek penelitian berupa validitas, kepraktisan, dan keterbacaaan. Metode dalam pengembilan data menggunakan angket dengan instrument yang meliputi angket validitas, kepraktisan, dan keterbacaan. Data hasil penelitian ini meliputi, tingkat validitas, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul IPA bermuatan kearifan lokal. Data dianalisis secara deskriptif. Karakteristik modul IPA yang dikembangkan (1) menyajikan informasi terkait dengan kearifan lokal Bali yakni sarana dan prasarana persembahyangan dan Garam Amed, (2) berpendekatan kontekstual, (3) pedoman penggunaan modul, (4) dilengkapi dengan berbagai fitur. Tingkat validitas modul IPA bermuatan kearifan lokal memiliki kualifikasi sangat valid (skor 1). Kepraktisan modul IPA bermuatan kearifan lokal tergolong ke dalam kategori praktis (skor 3,57). Tingkat keterbacaan modul IPA bermuatan kearifan lokal tergolong ke dalam kategori terbaca (skor 3,47). Berdasarkan data hasil penelitian, modul IPA bermuatan kearifan lokal pada topik klasifikasi materi dan perubahannya yang telah dikembangkan dapat diuji ke tahap selanjutnya yakni uji efektifitas dan penyebaran produk. Kata Kunci: Modul, IPA, Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, IPA, Kearifan Lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ida Ayu Komang Puspawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:19
Last Modified: 21 Feb 2023 08:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

View Item View Item