Sari, Ni Kadek Intan Permata (2023) Pengembangan Video Animasi Toonly Pada Mata Kuliah Bunpo Shochukyu Bab 41-43. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812061009-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812061009-ABSTRAK.pdf Download (483kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812061009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (964kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812061009-LAMPIRAN.pdf Download (29MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi pada mata kuliah Bunpo Shochukyu bab 41-43 di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UNDIKSHA dan menganalisis tingkat kelayakan video animasi yang dikembangkan. Perangkat lunak yang digunakan yaitu toonly. Pengembangan video pembelajaran ini menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang diperkenalkan oleh Luther Sutopo dan dimodifikasi oleh Binanto (2010). Pengembangan video pembelajaran ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara semi terstruktur oleh dosen pengampu 1 dan dosen pengampu 2 untuk mengetahui kendala pada mata kuliah Bunpo Shochukyu di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UNDIKSHA. Penyebaran kuesioner kepada mahasiswa juga dilakukan untuk mengetahui kesiapan, kelebihan dan kekurangan media pembelajaran yang digunakan selama perkuliahan. Penyebaran kuesioner tahap kedua juga dilakukan untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran yang diperlukan. Hasil dari penelitian yaitu pengembangan 3 buah video pembelajaran bunpo shochukyu berbasis animasi yang dilengkapi dengan backsound dan telah melewati tahap uji kelayakan oleh uji alpha dan uji beta sebanyak 2 kali. Penilaian tahap pertama oleh ahli media memperoleh rata-rata sebesar 57 (Sangat Baik) dan penilaian tahap pertama oleh ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 53 (Baik). Penilaian tahap kedua oleh ahli media memperoleh rata-rata sebesar 59 (Sangat Baik) dan penilaian tahap kedua oleh ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 52 (Baik). Uji beta dilakukan oleh 6 mahasiswa dan memperoleh rata-rata sebesar 98,5 (Baik). Hasil penilaian pada masing-masing uji alpha dan uji beta menyatakan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan baik sehingga layak digunakan pada mata kuliah bunpo shochukyu di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UNDIKSHA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran, bunpo shochukyu, toonly, MDLC. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Intan Permata Sari |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 05:46 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 05:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14324 |
Actions (login required)
View Item |