Siantari, Luh (2023) THE IMPLEMENTATION OF DIGITAL MULTILINGUAL THEMATIC DICTIONARY TOWARDS THE FOURTH GRADE STUDENTS’ LITERACY SKILL: AN EXPERIMENTAL STUDY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021117 - COVER.pdf Download (499kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021117 - ABSTRAK.pdf Download (79kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021117 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (36kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021117 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1912021117 - BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021117 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021117 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021117 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021117 - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah terdapat dampak yang signifikan dari penggunaan kamus tematik multibahasa versi digital terhadap kemampuan literasi siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan ranah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Alur penelitian quasi eksperimen menggunakan pre-test and post-test control group design untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pencocokan statistik oleh Fraenkel et al. (2012). Skor pencocokan statistik dilakukan dalam memutuskan dua kelompok utuh. Hasil pencocokan skor didapatkan bahwa dua kelompok utuh dengan skor yang sama dan secara statistik terbukti perbedaan kemampuan yang tidak signifikan dipilih sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Pacung sebagai kelompok kontrol dan SD N 1 Banjar sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi siswa pada pre-test yang dilakukan sebelum diberikan perlakuan, dan post-test diberikan setelah diberikan perlakuan. Kedua kelompok mendapatkan tiga kali perlakuan yang memuat tiga tema; Greeting & Introduction, Family, and Things in The Classroom. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara kuantitatif melalui analisis statistik deskriptif, statistik inferensial, dan uji skor N-Gain. Hasil analisis data dengan uji N-Gain Score diperoleh rata-rata N-Gain Score kelompok kontrol sebesar 50,5%, dan kelompok eksperimen sebesar 62,71%. Hasil uji N-Gain Score menunjukkan bahwa penggunaan kamus digital tematik multibahasa oleh kelompok eksperimen dikategorikan cukup efektif dibandingkan dengan kamus tematik versi cetak pada kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa kamus multibahasa digital berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan literasi, pembelajar muda, kamus tematik multibahasa digital |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Siantari |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 04:08 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 04:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14331 |
Actions (login required)
View Item |