Budiastini, Ni Putu Putri (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN MULTILITERASI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031030-COVER.pdf Download (223kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031030-ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031030-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen yang mampu mengukur multiliterasi siswa SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng dilihat dari validitas, reliabilitas, dan karakteristik butir instrumen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan adaptasi model pengembangan instrumen oleh Retnawati yang memiliki 9 tahapan. Populasi penelitian ini adalah 572 siswa kelas tinggi SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng. Sampel diambil dengan teknik proportionate Stratified random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV, V, VI dengan jumlah 235 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh: (1) penilaian 4 ahli menunjukkan 60 butir soal memperoleh perhitungan validitas isi dengan kategori “Sangat Valid” melalui rumus CVI dan CVR, sementara validitas secara empirik melalui uji coba didapatkan 18 butir gugur dan 42 butir valid, (2) penilaian berdasarkan hasil uji coba kepada subyek penelitian memperoleh perhitungan KR-20 reliabilitas 0,94 dengan kriteria “Sangat Tinggi”, (3) perhitungan daya pembeda dengan kualifikasi “Sangat Baik” sebanyak 30 butir, “Baik” sebanyak 7 butir, “Cukup Baik” sebanyak 6 butir, “Kurang Baik” sebanyak 12 butir, dan 5 butir dengan kualifikasi “Buruk”, (4) perhitungan tingkat kesukaran terdapat 4 butir soal yang memiliki kategori “Sukar”, 41 butir soal yang memiliki kategori “Sedang”, dan 15 butir soal yang memiliki kategori “Mudah”. Akhirnya, dari 60 butir instrumen multiliterasi yang dinilai dan diujicobakan terdapat 18 butir yang tidak memenuhi kriteria, sehingga sebanyak 42 butir yang dipakai dalam merakit instrumen multiliterasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, multiliterasi, literasi dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Putri Budiastini |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 05:31 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 05:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14341 |
Actions (login required)
View Item |