Adnyani, Luh Dera (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD MUATAN IPS BERPENDEKATAN HEUTAGOGY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI SISTEM SUBAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PENGLATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031208-COVER.pdf Download (258kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031208-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031208-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031208-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031208-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031208-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031208-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031208-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031208-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, menghasilkan produk E-LKPD muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak pada siswa kelas V sekolah dasar yang teruji validitas, kepraktisan, serta efektivitasnya terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini berpedoman pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek penelitian diantaranya ahli desain, ahli media, ahli materi, praktisi, serta siswa. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner berupa rating scale skala empat yang diberikan kepada subjek uji coba. Hasil persentase skor dari ahli desain sebesar 92,85% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media sebesar 97,22% dengan kualifikasi sangat baik, ahli materi sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, respons praktisi sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, dan respons siswa sebesar 95,96% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas dengan Teknik uji-t berkorelasi diperoleh signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-LKPD, Pendekatan Heutagogy, Sistem Subak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Dera Adnyani |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:12 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14380 |
Actions (login required)
View Item |