Juliantara, I Komang Agus Aditya (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAK BOLA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 RENDANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1816011084-COVER.pdf Download (636kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011084-ABSTRAK.pdf Download (492kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1816011084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (495kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1816011084-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (491kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011084-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan hasil belajar passing kaki bagian dalam dan kaki bagian luar sepak bola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretestposttest control group the same subject design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Rendang tahun pelajaran 2022/2023 yaitu terdiri dari 132 orang peserta didik dan dibagi menjadi 4 kelas. Pengambilan sampel dapat dilakukan secara acak berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan di luar pretest-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 0,505 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0,348. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Independent-Samples t Test) adalah 0,000 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan hasil belajar passing kaki bagian dalam dan kaki bagian luar sepak bola pada peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rendang tahun pelajaran 2022/2023. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kooperatif tipe NHT, hasil belajar, passing sepak bola |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Komang Agus Aditya Juliantara |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 14:38 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 14:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14494 |
Actions (login required)
View Item |