Herawati, Nyoman Trisna (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KEUANGAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI S1 DI BALI. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1439011003-COVER.pdf Download (570kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1439011003-ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1439011003-BAB 1.pdf Download (594kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1439011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1439011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1439011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1439011003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1439011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1439011003-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keuangan mahasiswa Program Studi Akuntansi S1 di Bali. Faktor-faktor tersebut antara lain kualitas pembelajaran keuangan dan status sosial ekonomi yang dimediasi oleh literasi keuangan dan financial self efficacy. Metode penelitian menggunakan rancangan kuantitatif dengan pendekatan ex post facto melalui teknik analisis jalur (path analysis). Penelitian ini dilakukan pada semua universitas dan sekolah tinggi baik negeri maupun swasta yang memiliki Program Studi Akuntansi S1 di Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang duduk di semester IV dan semester VI Tahun Akademik 2017/2018 dengan jumlah 2.784 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 518 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik proportional multy stage random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunaan tiga model jalur. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, kualitas pembelajaran keuangan di perguruan tinggi dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara langsung terhadap literasi keuangan. Kedua, literasi keuangan berpengaruh secara langsung terhadap financial self efficacy, namun kualitas pembelajaran keuangan dan status sosial ekonomi orang tua tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap financial self efficacy. Ketiga, kualitas pembelajaran keuangan di perguruan tinggi tidak berpengaruh secara langsung terhadap perilaku keuangan, namun status sosial ekonomi orang tua, literasi keuangan, dan financial self efficacy memiliki pengaruh langsung terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Keempat, kualitas pembelajaran keuangan di perguruan tinggi dan status sosial ekonomi berpengaruh secara tidak langsung terhadap financial self efficacy mahasiswa yang dimediasi oleh literasi keuangan. Kelima, kualitas pembelajaran keuangan di perguruan tinggi, status sosial ekonomi, dan literasi keuangan berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku keuangan mahasiswa yang dimediasi oleh financial self efficacy.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran keuangan, status sosial ekonomi orang tua, literasi keuangan, financial self efficacy, perilaku keuangan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Ni Nyoman Trisna Herawati |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 06:47 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 06:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1464 |
Actions (login required)
View Item |