Putra, I Nyoman Gede Ardi Yana (2023) EVALUASI USABILITY SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT (SIDUMAS) KABUPATEN BADUNG MENGGUNAKAN METODE THINK ALOUD, HEURISTIC EVALUATION DAN SYSTEM USABILITY SCALE. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1829101052-COVER)
1829101052-Cover.pdf Download (652kB) |
|
Text (1829101052-ABSTRAK)
1829101052-Abstrak.pdf Download (30kB) |
|
Text (1829101052-BAB 1 PENDAHULUAN)
1829101052-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (165kB) |
|
Text (1829101052-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829101052-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) | Request a copy |
|
Text (1829101052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829101052-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (1829101052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829101052-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (1829101052-BAB 5 PENUTUP)
1829101052-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (1829101052-DAFTAR PUSTAKA)
1829101052-Daftar Pustaka.pdf Download (255kB) |
|
Text (1829101052-LAMPIRAN)
1829101052-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
SIDUMAS merupakan salah satu aplikasi pengaduan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Badung yang telah digunakan selama 2 tahun oleh Pemerintah Kabupaten Badung untuk menampung pengaduan dan aspirasi dari masyarakat. Dari observasi awal yang dilakukan pada hasil rekapitulasi laporan pengaduan masyarakat tahun 2020 melalui aplikasi SIDUMAS yang berjumlah 73 pengaduan dan melalui observasi pada platfom Google Playstore terdapat ketidakpuasan pengguna seperti rating rendah dan komentar ketidakpuasan terkait permasalahan saat menggunakan aplikasi SIDUMAS Badung. Penelitian ini mencoba melakukan evaluasi aplikasi SIDUMAS menggunakan pendekatan usability dengan metode think aloud (dari sisi pengguna) serta metode heuristik dan SUS (dari sisi ahli). Evaluasi dilakukan dengan melibatkan 10 responden pengguna dari masyarakat Badung yang telah terkriteriakan, sedangkan untuk ahli usability menggunakan 5 orang ahli yang telah exspert di bidangnya. Untuk mengetahui kebergunaan aplikasi SIDUMAS Badung digunakan metode System Usability Scale. Hasil dari perhitungan rata-rata skor System Usability Scale (SUS) terhadap kepuasan pengguna SIDUMAS terhadap responden, diperoleh skor sebesar 78 dengan Acceptability Ranges atau penerimaan pengguna terhadap SIDUMAS masuk kategori Acceptable karena mendapat nilai 78. Selanjutnya untuk skor Percentile Rank nilai yang diperoleh 78 sehingga masuk kategori Grade B. Berdasarkan hasil penelitian metode think aloud dapat disarankan bagi pengembang dilakukan penyesuaian template atau disain sehingga lebih menarik dan penambahan fitur navigasi, fitur upload gambar dan video sangat penting ketika melakukan aduan supaya datanya realtime, fitur jenis aduan supaya lebih simple dan mudah digunakan, fitur helpdesk atau live chat. Berdasarkan hasil penelitian metode heuristic evaluation dapat diketahui bahwa terdapat 1 permasalahan memiliki severity rating tertinggi (4) masalah tersebut harus segera diperbaiki. Pada tahapan debriefing ketiga evaluator telah mendiskusikan permasalahan teratas berdasarkan severity rating. Dengan adanya perbaikan dari 17 permasalahan ini diharapkan dapat meningkatkan performa SIDUMAS ketika digunakan oleh pengguna. Data yang telah didapatkan dengan menggunakan metode think aloud, heuristic evaluation dan system usability scale nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk rekomendasi perbaikan aplikasi SIDUMAS Badung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Aplikasi, Sistem Pengaduan Masyarakat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | I Nyoman Gede Ardi Yana Putra |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 08:36 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 08:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14685 |
Actions (login required)
View Item |